My friend

Sabtu, 05 September 2009

Ulysses Resmi Pensiun Setelah 18 Tahun Mengorbit

. Sabtu, 05 September 2009

Ulysses Resmi Pensiun Setelah 18 Tahun Mengorbit

LOS ANGELES - Setelah 18 tahun mengorbit di luar angkasa, akhirnya satelit Ulysses milik NASA ini resmi dipensiunkan.

Ulysses adalah satelit luar angkasa pertama yang bertugas melakukan survei kondisi lingkungan di atas dan di bawah kutub matahari dalam bentuk empat dimensi.

Reuters, Selasa (1/7/2009) melansir, satelit ini resmi tak beroperasi lagi pada Selasa, 30 Juni. Keputusan untuk mengakhiri misi Ulysses sebenarnya sudah muncul setahun setelah misi diperkirakan telah tamat.

Tahun lalu, Ulysses menampakkan tanda-tanda bahwa suplai listrik bagi satelit ini mulai melemah. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa pada suhu yang rendah, saluran bahan bakar Ulysses akan membeku dan mengakibatkan satelit tak terkontrol.

Ternyata hal itu tidak langsung terjadi. Bahan bakar bisa dijaga tetap hangat dan terus beredar dengan cara didorong setiap dua jam sekali.

Bagaimanapun, Ulysses telah kian jauh dari Bumi sehingga komunikasi semakin sulit terjaga. Selain itu, data ilmiah yang dihasilkannya pun makin sedikit. Oleh karena itulah NASA memutuskan untuk menghentikan pengoperasian Ulysses.

Selama masa edarnya, Ulysses telah banyak menyumbangkan hasil penemuan berharga dalam dunia luar angkasa. Salah satunya adalah penemuan medan magnet matahari yang masuk ke sistem tata surya dalam bentuk yang lebih kompleks daripada perkiraan semula.

"Ulysses berjasa memberi banyak informasi tentang matahari dan bagaimana matahari berinteraksi dengan tata surya di sekelilingnya," kata Richard Marsden, ilmuwan sekaligus manajer misi Ulysses.

Penemuan ini menjadi penting bagi upaya penyelidikan tata surya. Wilayah matahari yang semula dianggap tidak mengandung partikel berbahaya bagi astronaut dan satelit, kini menjadi bagian yang harus diteliti dan diawasi secara terus menerus dan seksama.

Rencananya, setelah Ulysses dan stasiun di bumi melakukan komunikasi untuk yang terakhir kalinya, Ulysses akan masuk ke mode monitor dan belum ada rencana berikutnya untuk mengontak Ulysses kembali.

Setelah dimatikan, Ulysses akan tetap mengitari matahari dan menjadi layaknya sebuah komet ciptaan manusia.



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Violet Fans ©R.Design by M_uliah